Saturday, July 4, 2009

Mengembalikan File-File Yang Terhapus

Mengembalikan File-File Yang Terhapus
Mengembalikan File-File Yang Terhapus Dengan Recuva. Apa jadinya jika file-file penting kita secara tidak sengaja terhapus? Dan parahnya lagi, file-file tersebut sudah dikosongkan dari folder Recycle bin. Pastinya kita akan menjadi kebingungan apalagi kita belum sempat melakukan backup atas file-file tersebut. Jika kita merupakan seorang yang temperamental, setiap yang berada di sekitar kita pasti akan menjadi "sasaran tembak" empuk untuk melampiaskan semua kejengkelan dan kemarahan atas kejadian tersebut.
Namun sekarang, hal tersebut tidak perlu terjadi karena kita dapat menggunakan freeware Recuva. Recuva merupakan utility Windows yang dapat mengembalikan file-file yang telah terhapus dari computer termasuk file-file yang telah dikosongkan dari folder Recycle Bin.
Selain dapat mengembalikan file yang terhapus dari komputer, Recuva juga diklaim mampu mengembalikan file-file dari removable media lain, seperti SmartMedia, Secure Digital, MemoryStick, Digital cameras, Floppy disks, Jaz Disks, Sony Memory Sticks, Compact Flash cards, Smart Media Cards, Secure Digital Cards, dan lain-lain. Juga dapat mengembalikan file-file yang berasal dari drive ZIP external, Firewire and USB Hard drive.
Oh, iya freeware yang berukuran 3 MB-an ini juga diklaim mampu mengembalikan semua jenis file, yaitu file audio, file video, file musik, file dokumen office, dan file compressed (.zip /.rar) bahkan email sekalipun.
Freeware yang dapat berjalan di Windows Vista, XP, 2003, 2000dan 98 ini merupakan aplikasi portable dan bisa dijalankan dari USB Flash Disk sehingga sangat cocok bagi yang "mobile".
Setelah kita mencoba melakukan scan terhadap file-file yang kita recovery, maka kita akan mendapati hasil tingkat kualitas file yang akan direcovery tersebut yang ditunjukkan dengan warna yang berbeda. Jika berwarna hijau berarti kondisi file tersebut masih baik, jika berwarna kuning berarti file tersebut ada kerusakan dan jika berwarna merah maka dengan berat hati kita harus "ikhlas" menerimanya karena file tersebut sudah tidak dapat dikembalikan (di-recovery) lagi.

Jika tertarik, silakan mendownloadnya disini. Versi Recuva terkini saat ini adalah Recuva 1.27.