Sunday, July 19, 2009

5 Aturan Penting dalam Mendesain Website

Ketika datang ke website Anda, perhatian ekstra harus dilakukan untuk setiap menit dengan detail untuk memastikan website anda telah bekerja dengan optimal untuk menjalankan tujuannya. Berikut adalah lima aturan penting yang praktis untuk memastikan website Anda bekerja dengan baik.

1) Jangan gunakan halaman splash

Halaman splash adalah halaman pertama yang Anda lihat ketika Anda tiba di sebuah website. Mereka biasanya memiliki gambar yang sangat indah dengan kata-kata seperti "selamat datang" atau "klik di sini untuk masuk". Kenyataanya, mereka hanya terlihat indah tanpa tujuan. Jangan biarkan pengunjung Anda memiliki alasan untuk mengklik tombol "back"! Berikan nilai yang bagus atas situs anda tanpa halaman splash.

2) Jangan gunakan banner iklan secara berlebihan

Bahkan orang yang paling ahli sekalipun melatih diri untuk mengabaikan banner iklan, jadi Anda akan menurunkan nilai website anda. Sebaiknya, berikan konten yang lebih berharga dan relevan dengan afiliasi link dalam konten Anda, dan biarkan pengunjung merasa bahwa mereka ingin membeli, bukan yang mendorong untuk membeli.

3) Mempunyai navigasi yang sederhana dan nyaman

Anda harus menyediakan cara yang sederhana dan mudah dalam menu navigasi sehingga bahkan anak-anak akan mengetahui cara menggunakannya. Tinggalkan navigasi menu yang rumit atau multi dropdown menu. Jika pengunjung anda tidak tahu bagaimana menavigasi, mereka akan meninggalkan situs Anda.

4) Indikasi yang jelas dari website anda

Ketika pengunjung sedang asyik browsing di situs anda, Anda harus memastikan mereka tahu sedang dalam bagian mana dari situs anda pada saat itu. Dengan demikian, mereka akan dapat mengakses informasi yang relevan atau menavigasi ke bagian situs tersebut dengan mudah. Jangan membingungkan pengunjung karena kebingungan berarti "meninggalkan kapal"!

5) Hindari menggunakan audio/suara di situs Anda

Jika pengunjung anda betah dan menikmati website anda dalam waktu yang lama, membaca konten Anda, Anda harus memastikan bahwa mereka tidak kesal oleh beberapa audio/suara yang berjalan terus-menerus di website Anda. Jika Anda bersikeras untuk menambahkan audio, pastikan mereka memiliki kontrol atas itu - volume atau muting kontrol akan bekerja dengan baik.