Sunday, July 19, 2009

Latihan Mendesain Website

Website anda adalah bisnis di mana Anda berada - ini seperti markas dari sebuah perusahaan offline. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempraktekkan prinsip-prinsip desain yang baik untuk memastikan situs Anda menjangkau jumlah pengunjung yang maksimal dan menjual produk sebanyak mungkin kepada orang-orang.

Pastikan Anda sudah jelas arah navigasi pada Website Anda. Menu navigasi harus sederhana dan ringkas sehingga pengunjung mengetahui cara bernavigasi di website Anda tanpa kebingungan.

Mengurangi tampilan gambar pada website Anda. Karena ini akan membuat loading situs Anda menjadi sangat lambat dan ini tidak perlu dilakukan. Jika Anda berpikir ada gambar yang penting dan harus ditampilan, pastikan Anda mengoptimalkan menggunakan program editing gambar sehingga gambar tersebut memiliki ukuran file yang minimum.

Atur panjang paragraf teks yang masuk akal. Jika sebuah paragraf terlalu panjang, Anda harus memisahkan ke dalam paragraf terpisah sehingga blok teks tidak akan terlalu besar dan mudah dibaca. Hal ini penting karena suatu blok teks yang terlalu besar akan menyulitkan pengunjung membaca konten Anda.

Pastikan Anda website anda sesuai standar pada www.w3.org dan pastikan mereka kompatibel dengan berbagai browser. Jika Website Anda terlihat bagus pada Internet Explorer tapi terpotong-potong pada Opera dan Firefox, Anda akan kehilangan banyak calon pengunjung.

Hindari penggunaan bahasa scripting pada situs anda, kecuali jika ia benar-benar diperlukan. Menggunakan bahasa scripting untuk menangani atau memanipulasi data, tidak akan menciptakan efek visual di website Anda. Berat skrip yang memperlambat waktu loading situs anda dan bahkan mengakibatkan beberapa browser menjadi tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, skrip tidak didukung semua browser, sehingga beberapa pengunjung mungkin akan kehilangan informasi penting karenanya.

Gunakan CSS style untuk halaman konten karena lebih mudah mengatur semua elemen pada website Anda dengan sekaligus.