Saturday, August 15, 2009

Tip Memilih Laptop

Notebook yang canggih apalagi murah mungkin memang impian bagi banyak orang. Namun sebenarnya jika anda kocek anda terbatas, anda perlu mengenali terlebih dahulu kebutuhan anda. Hal ini sangatlah penting karena sebenarnya, laptop atau notebook yang baik adalah yang performa dan spesifikasinya sesuai dengan lingkungan kerja anda setiap hari. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop?

1. Prosesor
Saat ini banyak beredar prosesor standar seperti Core duo maupun celeron. Jika anda tidak terlalu sering menggunakan laptop, artinya anda hanya akan menggunakan jika diperlukan saja misalnya saat presentasi atau pada saat bepergian, Celeron sudah cukup. Bisa jadi anda lebih senang bekerja dengan menggunakan PC di kantor atau di rumah ketimbang laptop. Jika anda seorang graphic designer, prosesor Core 2 Duo layak anda pilih karena prosesor ini cocok untuk kebutuhan anda

2. Memory & Hard Disk
Kebutuhan memory dan Hard disk sangat dipengaruhi oleh lingkungan kerja anda. Anda yang senang grafis membutuhkan kapasitas memory (RAM) yang sangat tinggi setidaknya 2GB. Untuk Hard disk, sebaiknya sih sebesar-besarnya. Namun jika dana anda terbatas, usahakan untuk menggunakan kapasitas standar saja.

3. Koneksi
Untuk saat ini, WiFi, port USB, port LAN, serta Bluetooth adalah koneksi wajib yang seharusnya ada di laptop anda. Infra merah, tidak wajib karena saat ini pun jarang digunakan.

4. Media penyimpanan
CD Writer wajib ada di laptop anda karena bisa mengatasi keterbatasan hard disk laptop anda.Jika bisa combo untuk DVD writer akan lebih baik.

Bagaimana sudah punya pilihan sekarang?