Saturday, August 15, 2009

Tips Mendaftarkan Blog Ke FeedBurner

Sebelum kita mendaftar blog ke FeedBurner kita harus mengerti dulu apa itu RSS feed. Feed merupakan jalan untuk mendaftarkan diri ke Google Webmaster Tools karena crawder bot, robot Google yang mengindeks situs/blog membutuhkan feed sebagai perantara. RSS Feed juga berguna bagi anda yang senag mengoleksi artikel-artikel dari website favorit anda tanpa harus mengunjungi web tersebut. RSS bukan hanya memberikan keuntungan bagi pembaca, tapi juga bagi pemilik website atau blog. Dengan mendaftarkan URL blog pada RSS Feed akan membuka kesempatan bagi blog kita untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet.
FeedBurner adalah website penyedia layanan RSS ("Really Simple Syndication") Feed yang paling dipercaya saat ini. Dan keberadaannya sekarang telah diakuisisi oleh Google. Lalu bagaimana cara kita mendaftarkan blog ke FeedBurner? ikuti saja langkah dibawah ini:
* Tanpa basa basi silahkan meluncur ke http://www.feedburner.com
* Klik register pada menu bagian atas
* Isi semua fom yang disediakan
* Jika semuanya sudah lengkap, klik sign up.
* Akan muncul ucapan welcome dari FeedBurner
* Isilah kotak yang ada di bawah tulisan Burn a feed right this instant dengan URL blog sobat. Contoh : http://namabloganda.blogspot.com
* Beri tanda pada radio button yang anda inginkan, lalu klik Next
* Ubah Feed Title dengan Feed Address jika mau di ubah, kalo sudah tinggal klik tombol Active Feed
* akan muncul ucapan conrats, kemudian klik Next
* Beri tanda centang pada kotak disamping tulisan Clickthroughs dan I wont more ! have FeedBurner stats PRO also track
* klik tombol Next
* Klik tab Optimize
* Silahkan setting sesuai yang sobat inginkan, tapi yang paling penting adalah kita harus mengaktifkan fitur SmartFeed supaya fungsi dari feed kita bisa kompatibel dengan berbagai feed yang ada.
* Silahkan klik SmartFeed lalu klik tombil Active
* Klik tab Publize, silahkan pilih fitur yang diinginkan, tapi saya sarankan memilih fitur FeedCount, klik FeedCount
* Pilih bentuk style dari FeedCount, yang biasa atau yang animasi, klik radio buton yang ada disampingnya
* Klik tombol Active
* Copy kode HTML yang diberikan pada text area, paste ke notepad untuk nanti dipasang di blog
* Klik Chicklet Chooser untuk memilih berbagai banner atau chicklet
* Beri tanda pada radio button yang terletak di samping chicklet masing-masing, kemudian copy kode HTML yang di berikan yang ada pada text area, kemudian paste pada notepad. catatan : setiap sobat memberi tanda pada radio button masing-masing chicklet, maka secara otomatis kode HTML yang ada di bagian bawahpun akan berubah, jadi kesimpulannya beri tanda radio button lalu copy kode HTML nya beri tanda lagi lalu copy kodenya lagi.
* klik Pingshot, beri tanda pada kotak disamping Ping-O-matic serta Newsgator, klik menu drpdown yang ada, lalu pilih yang sobat inginkan, klik tombol Add, klik lagi menu dropdownnya bila ingin ditambahkan lagi, klik Add kembali
* Klik tombol Active
* Klik Headline Animator untuk mendapatkan banner animasi
* Klik menu dropdown di bawah tulisan Theme, pilih yang sobat suka (yang paling banyak digemari adalah type classic)
* Klik tombol Active
* klik menu dropdown disamping tulisan Add to, pilih Blogger Blog
* klik tombol Next
* Setelah muncul pop-up window, klik tombol Add to Blogger
* Silahkan Sign in dulu ke blogger
* Pilih blog yang mau dipasang banner animasinya, lalu klik tombol Menambah Widget, maka secara otomatis banner animasi akan ditambahkan (khusus untuk templet baru)
* Selesai.
Catatan: Jika posisi widget tidak sesuai dengan yang anda inginkan, bisa menggunakan cara manual dengan mengambil scriptnya dengan memilih other(just gimme the code) di menu dropdown diatas.
Yang telah diuraikan diatas hanyalah sedikit fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner. Untuk fasilitas yang lainnya diantaranya Monetize, Troubleshotize dll, anda bisa mencobanya satu persatu.