Friday, August 21, 2009

NETBOOK & NOTEBOOK

Industri komputer telah melahirkan spesies produk baru. Bentuknya terlihat seperti notebook tetapi bukan notebook. Produk ini disebut netbook.Terus…Apa perbedaan antara NETBOOK dan NOTEBOOK ??????? Berikut ini beberapa perbedaan diantara keduanya yang mungkin bisa pengetahuan baru bagi anda :
Fungsionalitas : ini adalah perbedaan yang paling mendasar. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker. Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk beinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video dan gambar.
Ukuran : Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7 -10 inch, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inch dan maksimal 17 inch. Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inch. Kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi. Ketersediaan input dan output di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB. Alasannya karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya lebih condong ke content consumption.
Harga : Rata-rata netbook dibanderol di kisaran 2,5 juta sampai 4 juta rupiah sedangkan notebook minimal 4,5 juta rupiah.

Semoga bermanfaat……