Sunday, May 17, 2009

Memilih Koneksi Internet Yang Murah Dan Unlimited

Internet dewasa ini sudah semakin menjadi kebutuhan pokok seperti layaknya kebutuhan lain seperti sandang, papan, bahkan ada orang yang mengkategorikan sebagai kebutuhan yang setara dengan kebutuhan sehari-hari seperti makan. Internet memang membuat orang berpikir lebih simple dan cepat. Namun pemilihan koneksi di indonesia juga tidak mudah, walau sekarang ini koneksi intenet bisa diakses via handphone yang notabene bandwidthnya lebih kecil, namun penggunaan dalam skala ini kurang memuaskan.

Di Indonesia ini pilihan koneksi yang gampang dipilih adalah koneksi dari vendor selular seperti jaringan GSM dan CDMA, untuk itulah saya akan membedah satu persatu koneksi internet dari operator selular ini, semoga pilihan ini tidak membuat anda tersesat, namun sebelum saya memberikan opsi pilihan koneksi sebaiknya anda perlu mencermati dulu apa yang hendak saya katakan dibawah ini.

Dalam dunia wireless mengenal hukum yang tidak bisa dibantah, diganggu gugat, diprotes, tak lain adalah hukum yang disebut dengan “Posisi Menentukan Prestasi“. Ini adalah hukum mutlak yang harus anda terima. Anda tidak bisa melakukan protes jika memang tidak ada sinyal, atau tidak terkoneksi jika jaringan penuh. Mengacu pada hukum tersebut bisa dikatakan dengan anonim berikut : jika posisi anda menguntungkan dalam jaringan …. jika posisi anda tidak menguntungkan, apa boleh buat, anda harus pindah koneksi. Jangan hanya percaya pada sinyal, sinyal adalah penanda ada jalan, perlu diketahui bahwa internet adalah mobil versus jalan. Nah jalan dan mobil tersebut bisa dikatakan sebagai suatu frekwensi, frekwensi antara jalan dengan mobil harus lebh besar jalan, ibaratnya jalan sebuah jalan yang cukup masuk sepeda motor tidak mungkin dilewati sebuah mobil, terkecuali apa memang bisa berpikir lebih bijak, sebelum mobil tersebut lewat jalan sempit lebih baik dipotong-potong dulu kemudian diangkut dengan motor kemudian sesampai di tempat tujuan dirakit lagi. Ya memang cara kerja internet seperti itu. Seperti kita akan memasukan lemari besar ke dalam rumah, lemari tersbut kita potong-potong terlebih dahulu dan kemudian dimasukan lalu dirakit lagi di dalam rumah.

Perlu ditekankan jika internet mengandalkan basis wireless memang seringkali tidak sesuai kenyataan, kebanyakan operator memberandol paket internetnya dengan istilah up to. Jadi jangan pernah terjebak oleh iklan berbagai operator. Misal anda berlangganan sebuah koneksi yang up to 256 kbps, artinya speed maksimum adalah 256 kbps, kalopun anda mendapatkan kurang dari 50 kbps anda pun sebenarnya tidak bisa protes. Terkecuali memang pihak operator merespon keluhan anda. Namun tak sedikit juga yang mengabaikan protes anda, kalo sudah mengahdapi begini solusinya cuma satu : pindah koneksi. Mari kita lihat satu-satu operator telepon wireless yang memberikan layanan internetnya.

Indosat




Keluarga Indosat ini menelurkan akses internet murah dari Matrix, IM2, untuk Matrix sendiri tersedia unlimited seharga Rp. 100.000, yang hanya bisa didaftarkan jika anda berlangganan secara paska bayar, artinya anda bisa mendaftarkan ke Gallery indosat. Harga yang terendah adalah paket Eco yang speednya up to 256 kbps.

Paket Eco Unlimited, Speed up to 256 kbps, setelah Pemakaian 2 GB, Speed Up to 64 kbps = Rp. 100.000,- / bulan

Paket Medium Unlimited, Speed up to 1 Mbps, setelah Pemakaian 3 GB, Speed Up to 64 kbps = Rp. 300.000,- / bulan

Paket Heavy Unlimited, Speed up to 3.6 Mbps, setelah Pemakaian 3.5 GB, Speed Up to 128 kbps = Rp. 500.000,- / bulan

Paket Super Unlimited, Speed up to 7.2 Mbps, setelah Pemakian 10 GB, Speed Up to 128 kbps = Rp. 1.5 jt / bulan

Namun setelah saya check ke web Indosat untuk paket Eco Unlimited sudah dihapus dari daftar, jadi anda mau tak mau jika memakai akses dari indosat langgananya yang versi medium, namun jangan patah arang, masih ada layanan Indosat yang mengusung paket Eco tak lain anda harus mencari starter pack dari Indosat M2 yang disebut dengan nama Broom.

IM2 ini merupakan layanan prabayar artinya anda tidak perlu berlangganan seperti paska bayar, dan Broom ini bisa diisi dengan pulsa Mentari atau IM2 sebesar Rp. 125.000, bisa gabungan dari berbagai voucher fisik mulai 25.000, proses mengisinya bisa lewat webnya IndosatM2.

Excelcomindo Pratama ( Pro XL)



XL pernah menawarkan internet unlimited dengan XL Corporatenya namun sampai hari ini tidak terdengar lagi kabarnya, XL Corporate menikmati masa jayanya saat orang kesulitan mencari koneksi internet unlimited tapi murah. Namun seiring perkembangan waktu XL Corporate telah ditinggalkan konsumennya ada yang beralih ke 3G XL dengan sistem kuota. XL pernah menawarkan akses internet unlimited namun itu terbatas jumlahnya dan rumor yang beredar dibundle dengan pembelian modem. silakan baca keterangannya di portal XL

Selepas saya tidak berlangganan XL Mega data Rp. 99.000 kuota 250 MB sampai hari ini di web XL tidak ditemukan paket kuota, seperri layanan ini telah dialihkan ke layanan Blackberry yang mengusung layanan unlimited baik bagi paskabayar dan prabayar dengan tarif Rp. 150.000 per bulan.

Telkomsel


Telkomsel adalah pemain lama yang mempunyai basis terbanyak di Indonesia, untuk akses unlimitednya Telkomsel mengeluarkan 3 macam paket :

Paket Basic seharga Rp 125.000 up to 256 kbps.

Paket Advance seharga Rp 225.000 up to 512 kbps.

Paket Pro seharga Rp 400.000 up to 3,6 Mbps.

Sampai hari ini Telkomsel masih menerima pendaftaran user baru yang akan ditutup pada akhir bulan Mei ini.