Friday, May 15, 2009

Apa sih Bandwidth itu?

Pernah dengar kan istilah bandwidth? dan kalau belum tahu apa itu maka akan dijelaskan dibawah ini. Agar tidak gaptek lagi.

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar masuk, proses upload dan download ke account anda dalam sebuah layanan sewa space hosting. Hosting disini bisa yang berbayar maupun yang gratisan seperti di 000webhost.com, yahoo geocities atau di googlepages.

Lalu bagaimana bandwidth ini dihitung dan bagaimana mengukurnya? coba simak contoh ilustrasi dibawah ini:

Ketika anda menerima atau mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima dikirim adalah sebesar 10 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 100 MB (100.000 KB) anda bisa *kirim* 10.000 email atau berbagai variasi antara kirim dan terima, misalnya 3.000 kirim, 7.000 terima.

Contoh diatas hanya jika account digunakan untuk mengirim dan menerima email, begitu juga jika hosting anda dimanfaatkan untuk membuat website atau blog yang selalu dikunjungi oleh pengguna internet, maka besarnya file untuk mengakses (download) halaman website anda yang dilakukan oleh pengunjung itu juga dihitung memakan atau mengurangi batasan bandwitdth anda. Semakin banyak orang membuka website anda maka semakin besar pula Bandwidth yang anda butuhkan.

Bandwidth atau Site Traffic pada sewa hosting biasanya dihitung per bulan dan bisa dilihat pada cPanel. Hanya saja ada yang menarik dan tidak lumrah yang terjadi di Yahoo Geocities gratis, bandwitdth justru dibatasi dengan hitungan pemakaian per jam. Entah kalau yang berbayar.

Semoga kawan-kawan sudah tahu apa itu bandwidth dari penjelasan diatas.

0 komentar:

Post a Comment

kalo isi koment yang bener gan jangan SARA okey ?