Thursday, May 6, 2010

TIPS MENGHEMAT TEMPAT DENGAN MENONAKTIFKAN HIBERNAT DI WINDOW 7

Cara menghemat tempat bagi anda pengguna window 7 yaitu dengan menonaktifkan fungsi hibernat lalu bagaimana caranya?
sebelumnya sedikit info tentang hibernat apa itu hibernate?

Hibernate adalah sebuah Framework ORM ( Object Relational Mapping ). yaitu memetakan sesuatu ( dalam hal ini umumnya tabel dalam database ) menjadi sebuah Objek ( menggunakan apa yang disebut PERSISTENCE => mewakilkan sesuatu pada sebuah objek, jika sesuatu yang diwaklikan ingin diolah, maka objek tersebutlah yang akan dimanipulasi ).

Apa sih kelebihannya ?? untuk pemrograman database kita dapat membebaskan diri dari "QUERY Terhadap Tabel" dimana untuk fungsi insert, update, atau delete, dimungkinkan untuk sama sekali tidak menulis query. yang berpengaruh pada sedikitnya kode ( pengeffisiensian kode ).

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya :

* Masih adanya buka tutup sesi Query pada penggunaannya ( dapat diotomatisasi menggunakan framework Spring ).
* Jika ingin melakukan Query untuk seleksi berdasarkan kondisi tertentu maka, yang dilakukan query adalah pada objek database, BUKAN TABEL.
* Tidak secepat pemrograman berbasis query pada umumnya, dibutuhkan trik untuk mencapai performa optimal.

Namun hal hal itu tidak bermasalah, dikarenakan lebih banyak kelebihan yang ditimbulkannya dibandingkan kelemahannya.

fungsi hibernate tidak pernah dipakai,akan tetapi file sistemnya akan menghabiskan banyak tempat,apa bisa ini diatasi?
Fungsi Hibernate di Windows akan menyimpan semua sesi aplikasi yang sedang berjalan sebelum komputer dimatikan. Keuntungannya, saat komputer kembali dihidupkan, Anda dapat melihat langsung semua aplikasi tersebut dan melanjutkan semua aktivitas yang tertunda.

Fungsi Hibernate ini akan menyimpan setiap sesi yang dijalankan oleh sistem ke dalam sebuah file. Ukuran file-nya sering kali besar, tergantung besarnya setiap sesi yang disimpan. File untuk menyimpan seluruh sesi dinamakan hiberfil.sys. Letaknya di boot drive dan memiliki ukuran antara 1 hingga 2 GB.

Jika fungsi Hibernate tidak pernah digunakan, Anda dapat menonaktifkannya. Caranya, klik tombol “Orb” atau tombol “Start” pada Windows. Kemudian, pilih menu “All Programs” dan buka “Accessories”. Selanjutnya, klik kanan pada entri “Command Prompt” dan pilih “Run as administrator”. Ketika window pop-up UAC muncul, setujui saja dengan memilih “Yes”. Setelah itu, window command prompt akan muncul. Di sana, ketik perin­tah ‘powercfg.exe -h off’ (tanpa tanda kutip) lalu tekan [ENTER]. Setelah selesai, Anda dapat me-restart Windows yang di gunakan.

1 komentar:

ini pembahasan ORM atau pembahasan hibernate di windows?
jadi aneh dan gak konsisten begini artikelnya.. :D

membingungkan..

Post a Comment

kalo isi koment yang bener gan jangan SARA okey ?